Tegalsari - Jetis - Ponorogo



gambar masji dan makam beberapa tahun lalu

Tegalsari Jetis Ponorogo

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Itu kata yang tak kan pernah henti dan tetap mengalir dalam diriku.
Aku bersyukur dilahirkan ke dunia.
menjadi seorang putri dari empat bersaudara dari ibuku yang mulia Masriyah, dan salah satu dari tujuh puteri dari empat belas bersaudara putera puteri bapakku Muhammmad Sulkhan Arifin. Seorang juru khitan di desa itu saat itu.
Desa Tegalsari kecamatan Jetis kabupaten Ponorogo, di situ aku dilahirkan. Masa kecil kujalani dengan damai bahagia, karena aku tinggal tepat di sebelah selatan masjid Tegalsari. Masjid yang banyak menyimpan rahasia Ilahi karena berkah seorang kyai agung, seorang wali Allah yakni Mbah Kyai Ageng Besari. Masjid dan Makam beliau saat ini termasuk salah satu destinasi wisata religi di tanah Jawa.

gambar masjid dan makam mbah Ageng sekarang 
Bapak dan mbah putri pernah menuntut ilmu di pondok pesantren itu, yang kamarnya tepat di sebelah utara masjid Tegalsari.
Saat ini di depan makam, terdapat madrasah tsanawaiyah dan aliyah Ronggowarsito.
Meski aku telah lama meninggalkan Tegalsari dan jauh berada di tanah Sumatera, namun darah dagingku telah menyatu. Keluarga dan saudaraku masih ada di sana. Hubungan baikku dengan mereka dan keramahtamahan para tetanggaku, menjadikanku merasa seakan aku masih hidup bersama di tengah mereka. Aku tak kan bisa melupakan.
Rasa rindu ingin kembali masih tumbuh berkembang. Rasa Syukurpun harus terus kulakukan.
Kemungkinan berkah doa Mbah Ageng Besari, semoga Allah melindungi dimana aku berada.
Dimanapun berada aku harus terus menuntut ilmu. mewarisi almarhum bapak dan mbah putri.


     gambar masjid dari depan

Seberapapun  setetas ilmu yang Allah berikan, harus disyukuri. Insya Allah aku akan membantu sesama dalam bentuk apapun yang dimampukan Allah. Dengan membantu, aku merasa bahagia.
Fa ahsin kama ahsanallahu ilaik...
masjid Tegalsari telah menempa masa kecilku. Tegalsari Jetis Ponorogo.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita AKU ANAK HEBAT

PENDEKATAN HOLISTIK DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI di TK