Pembelajaran Kreatif di PAUD (TK)

Pembelajaran Kreatif di PAUD (TK)

Assaalamu alikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam kenal, salam silaturrahmi,
Teman-teman guru PAUD ...
Kita semua ingin memberikan pembelajaran yang selalu semangat. Menarik bagi guru, terutama bagi murid.
Sekedar ingin berbagi, jika teman-teman yang  lupa, atau ingin mencoba.
Pembelajaran kreatif ini saya dapat saat ikut lokakarya IGTKI se-Sumbar di MIFAN Padang Panjang.


KREATIF

1.    Pembelajaran yang kratif mempunyai makna, tidak sekedar malaksanakan dan menerapkan acuan kurikulum
2.    Kreatif dalam implementasi kurikulum
3.    Kreatif dalam memanfaatkan sumber belajar
4.   Kreatif dalam menggunakan metode dan pendekatan belajar
5.    Kreatif dalam mengembangkan kompetensi dasar
6.   Kreatif dalam menejemen kelas, pembelajaran
7.    Kreatif dalam memanfaatkan lingkungan , sebagai sumber, bahan dan sarana untuk belajar
8.   Lingkungan fisik bisa berupa lingkungan alam dan gejala alam
9.   Lingkungan sosial merupakan segala perilaku manusia dan hubungannya dengan manusia lain, maupun terhadap lingkungannya

PEMBELAJAR AN KREATIF DALAM PERMAINAN ULAR TANGGA
indikator:
a.     Senang bermain dengan teman
b.      Mentaati aturan permainan
c.       Melakukan 3-5 perintah secara beraturan dengan benar
d.     Mengekspresikan gerak dengan iringan musik/lagu.
e.      Membilang / menyebutkan urutan bilangan dari  1-10
f.       Mewarnai bentuk gambar sederhana
g.     Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh


Pembelajaran kreatif dalam kegiatan memasak
Indikator:
a.   Melakukan kegiatan yang bermanfaat pada saat dibutuhkan
b.   Meu berbagi denga teman
c.   Berani bertanya secara sederhana
d.   Mengungkapkan asal  mula terjadi sesuatau
e.   Menunjuk lambang bilangan 1-10
f.   Menciptakan berbagai bentuk yang menggunakan playdough/tanah liat/pasir
g.   Permainan warna denagn berbagai media misal: krayon, cat air



BEBERAPA PEMBELAJARAN KREATIF

1.   Permainan daerah, skoci baju, genggong, sapu-sapu, rangik, kelereng dll
2. Kegiatan pembelajaran  ke dalam motorik halus: menarik garis, menggunting, menganyam, menggambar, menyusun puzle dll
3. Kreatif dalam memanfaatkan lingkungan, menjadikan sarana pembelajaran

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita AKU ANAK HEBAT

PENDEKATAN HOLISTIK DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI di TK